BBT Indosat Smartfren Telkomsel Telkom XL Axiata Smart
Sundoro
General Manager Opyan
Memantapkan Performansi Mendukung Industri Telekomunikasi
14 April 2011
Trafik data sepanjang 2010 melonjak 350%
JAKARTA: Peningkatan trafik data pada tahun lalu dibandingkan dengan 2008 mencapai 350%, sedangkan trafik percakapan relatif stagnan dan tidak ada peningkatan.

Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nonot Harsono mengungkapkan peningkatan trafik itu ternyata tidak diikuti oleh kenaikan revenue.
“Hal itu karena ada perubahan pola dan gaya hidup masyarakat, misalnya makin sempit waktu untuk bicara dan merasa cukup dengan Facebook, SMS, Yahoo Messenger,a tau BlackBerry Messenger,” katanya kepada Bisnis hari ini.

Pada 2010, lanjut Nonot, volume trafik data diprediksi mencapai 90 petabytes secara global, sedangkan pada 2009 hanya tercatat 40 petabytes dan 2008 sebesar 20 petabytes.

Asosiasi Kliring Telekomunikasi (Askitel) mengungkapkan trafik telekomunikasi sepanjang tahun lalu tercatat 17,8 miliar panggilan, turun 11,8% dibandingkan dengan 2009 sebanyak 19,9 miliar panggilan.

Herdy Harman, Ketua Umum Askitel, mengungkapkan trafik telekomunikasi khusus interkoneksi percakapan pada 2010 rata-rata turun dibandingkan dengan 2009.

“Dari sisi durasi menitnya, trafik percakapan total pada tahun lalu mencapai 24,5 miliar menit, turun dibandingkan dengan pada 2009 yang mencapai 28,2 miliar menit,” katanya.

Askitel mengungkapkan dari catatan trafik total pada 2010, volume trafik untuk sambungan langsung internasional (SLI) mencapai 685,6 juta panggilan atau 30,4 miliar menit, sedangkan pada segmen panggilan domestik tercatat 17 miliar panggilan dengan durasi 21,5 miliar menit.

Pada 2008, asosiasi tersebut mencatat jumlah total panggilan telepon interkoneksi mencapai 16 miliar panggilan dengan durasi percakapan 22 miliar menit.

Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) Sarwoto Atmosutarno mengatakan penurunan trafik percakapan antaroperator tentunya dipicu oleh peningkatan percakapan sesama pelanggan operator (onnet) dan kenaikan basis pelanggan operator.

Adapun, Presdir XL Axiata Hasnul Suhaimi mengatakan penurunan trafik percakapan antaroperator bisa dipicu oleh tiga hal.

Pertama, trafik pindah ke SMS dan data (chatting, email, FB, dan lainnya), Kedua, tarif telepon antaroperator (offnet) yang masih mahal membuat pelanggan mengurangi panggilan ke pelanggan operator lain. “Adapun pemicu ketiga atau terakhir adalah pasar yang sudah mulai jenuh.”(api)

sumber : www.bisnis.com

 

 


// include "include/scroll.php";